Resep dan Cara Membuat Sambal Matah Bali

Resep dan Cara Membuat Sambal Matah Bali

cooklike.info
Sambal Matah dan Aneka Resep Sambal Matah Khas Bali

Sambal matah atau sambal mentah pada awalnya merupakan pelengkap dari hidangan ikan laut segar yang biasa disebut dalam bahasa Bali dengan sebutan Be Pasih Masambel Matah yang artinya Ikan Laut Sambal Mentah, karena memang aslinya makanan ini adalah makanan yang berasal dari khas Bali. Dan kini sambal matah banyak disajikan di restaurant sebagai pelengkap hidangan dengan rasanya yang pedas juga segar saat dicicipi, sehingga sangat cocok dijadikan sebagai pelengkap hidangan dari sajian sedap seperti ayam betutu, untuk ikan bakar dan lain - lain.

Aneka resep sambal matah asli bali dapat kita temukan dan beli secara mudah dalam bentuk kemasan baik di restaurant dan toko kuliner dengan beberapa pilihan komposisi bahan dan bumbu yang beragam pula seperti misal dalam menyajikan komposisi utamanya kita bisa memilih seperti berbahan cabe ijo atau cabe rawit saja, begitu juga dengan daun jeruk, nanas, jeruk nipis, pakai terasi, sereh ataupun tidak pada salah satunya tergantung selera menginginkannya.


Sambal Matah Minyak Kelapa dan Tanpa Minyak Kelapa 

Rahasia sambal matah yang enak adalah dari minyak kelapa atau olive oil istilah yang disuguhkan kepada turis untuk digunakan dalam menumis terasi, sereh dan bawang putih. Sehingga sari dari bahan yang sudah menyatu dengan minyak tersebut dicampurkan dengan irisan bahan mentah dari bawang merah, daun jeruk dan diberi perasan jeruk nipis yang membuat citarasanya semakin lezat. Inilah resep bali asli dan cara buat yang paling populer hingga banyak digemari pecinta kuliner.

Lalu bagaimana dengan resep dan cara membuat sambal matah tanpa minyak atau olive oil ?, tentunya resep ini tidak ada bahan sambal matah yang ditumis sehingga setelah di iris hanya diberikan perasan jeruk nipis saja. Akan tetapi cara buat yang sederhana dan rasanya yang enak pastinya menjadi keunikan selera masing - masing dan ini merupakan keistimewaan sensasi dari sambal matah.


Sambal Matah Cocok Dengan lauk Apa atau Enaknya Dimakan Dengan Apa ?

Selain with fish atau ikan segar yang diasapi, tentunya sambal matah cocok dengan lauk seperti ayam betutu yang sudah disebut diatas atau untuk ikan bakar, teri, bahkan sebagian pecinta kuliner menjadikannya sebagai pelengkap pedas dari ayam geprek bensu yang cara buat untuk lauk ini boleh diulek terlebih dahulu ataupun tidak tergantung selera. Jadi, enaknya dimakan dengan apa silahkan padukan dengan lauk apa saja yang kira - kira bisa dinikmati sebagai sajian sedap.


Bahan Sambal Matah : 
  • 200 gr bawang merah (iris tipis)
  • 1 siung bawang putih (geprek lalu iris)
  • 10 lembar daun jeruk (iris tipis)
  • 10 buah cabe rawit merah (iris tipis)
  • 3 buah sereh (iris tipis)
  • 1 buah jeruk limau atau boleh nipis
  • 1 buah terasi
  • Minyak kelapa secukupnya
  • Gula putih secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Penyedap secukupnya

Cara Membuat Sambal Matah Bali :
  1. Sediakan wajan dan isi dengan minyak secukupnya untuk ukuran menumis lalu panaskan menggunakan api kecil.
  2. Masukan terasi, irisan sereh dan bawang putih kemudian tumis semuanya hingga wangi.
  3. Tips : Usahakan bawang putihnya tidak sampai berwarna coklat.
  4. Angkat dan tiriskan.
  5. Sediakan wadah piring kemudian masukan irisan bawang merah, irisan daun jeruk.
  6. Tips : Daun jeruk iris pada bagian daunnya saja sementara tulangnya dibuang terlebih dahulu.
  7. Kemudian berikan perasan daun jeruk limau, gula putih, garam secukupnya, penyedap secukupnya dan aduk hingga bumbu rata.
  8. Sajikan sambal matah bali dengan lauk apa saja.

Begitulah resep dan cara membuat sambal matah khas bali original dengan mudah dan asli dari resep bali. Jika bunda menginginkannya untuk menambahkan tomat tentu saja bisa ataupun mangga muda, nanas dan pete, silahkan sesuaikan dengan selera sebagai pelengkap hidangan sajian sedap, selamat mencoba. 

Komentar (0)

Posting Komentar

Suka Resep Ini ?